Bola hitam + bola putih

Bola Hitam & bola Putih,…

by Alex Sutojo on Sunday, December 6, 2009 at 11:32pm
Ceritanya ada seorang anak cowok tunggal yang
ditinggal mati nyokapnya pas ngelahirin dia.
Sejak itu bokapnya jadi amat sangat workaholic sekali dan
nggak married2 lagi.
Ini anak tapi baek hati dan lemah lembut walaupun
cuma bareng pengasuh aja.
Pas TK, sementara anak2 laen udah punya sepeda dia
masih jalan kaki.
Pengasuhnya ngadu ke bokapnya, “Tuan, nggak kasian
sama den Bagus ?
Masa sepeda nggak punya…apa tuan juga nggak malu?”
Iya..nih..bokapnya tuh
tajir banget deh. Punya sekian perusahaan.. maka
dipanggillah si anak, ditawarin
mau sepeda yang kayak gimana merek apa..dan si
anak cuma bilang,”Nggak usah repot2 pi, aku dibeliin bola item bola putih
aja..”
Lho kok gitu?
Bingung dong bokapnya. “Kenapa bola item dan putih?”
“Nggak usah diterangin deh pi.
Kalo papi punya uang yaa..beliin itu aja.”
Yah, mengingat mereka nggak pernah ngobrol, jadi
papinya nerima2 aja.
Nggak berminat lanjutin, maka dibeliin lah tu anak
sepeda generasi terbaru saat itu, yang paling canggih,
plus bola item dan bola putih.
Trus ni anak masuk SD lah. Pas itu musim sepatu
roda.
Sekian lama pengasuh pratiin, ni anak nggak minta2 dibeliin sepatu roda
sama papinya.
Sore2 cuma duduk aja. Sepedanya juga ditaruh di gudang. Lagi
nggak musim.
Pengasuhnya laporan pandangan mata dong ke tuannya hingga si
anak dipanggil lagi.
“Nak, kamu mau dibeliin sepatu roda kayak temen2 kamu?
kok nggak bilang2 papi.
Nggak masalah cuma beli sepatu roda aja…”. Si anak bilang,” nggak
pi, bola item dan bola putih saya udah rusak..di beliin lagi aja..nggak usah
beli sepatu roda. Lagian lebih murah bola kan pi?”
Yee..si papi geram dong.
Ni anak ngeremehin papinya sendiri, atau sok merendah ?
So, tetep si papi beliin sepatu roda, plus bola item dan bola putih.
Selang beberapa taun, ni anak masuk SMP. Cerita
sama terulang.
Sekarang temen2nya musim rollerblade. Tren baru. Sementara
sore hari, dia masih setia sama sepatu rodanya.
Pas bokapnya pulang dari luar negri dan
ngeliat anaknya doang yang pake sepatu roda, si papi malu banget.
Gila, rumah gedong, perusahaan banyak, keluar negri terus…eeh
anaknya ketinggalan jaman.
Besoknya, di kamar anaknya udah ada sepasang roller blade baru
dengan note:
“Biar kamu nggak malu”. Malemnya di ruang kerja
papinya ada note balesan:
“Pi, kok nggak beliin bola item dan bola putih?
Aku lebih suka itu.”
Weleh, si papi pas liat note itu dongkol tambah
bingung. Apaan sih istimewanya bola item dan bola putih?
Emang bisa bikin die beken atau nge-tren? Besoknya dan besoknya lagi si papi
berkali2 nemuin note itu…hingga dia nggak tahan dan membelikan
anaknya bola item dan bola putih untuk kesekian kalinya.
Bener, setelah dapet tu bola, si anak nggak ngerongrong bokapnya lagi.
Pas SMA, yang jaraknya rada jauh, si anak masih berbis ria,
temen2nya udah ada yang bawa motor en mobil ke sekolahan.
Suatu hari, tumben papinya di rumah, si anak pulang dianterin
temennya yang mau ditebengin.
Papi malu banget. Masa cuma untuk anak satu nggak bisa beliin mobil?
Maka ditawarin anaknya. Si anak nolak dengan alasan mobil kurang
praktis, lagian pengen bola item bola putih aja. Si bapak nggak
terima penolakan.
Karna anaknya udah gede, bisa berunding.
Hingga tercetus keputusan si anak dibeliin motor plus bola item dan
bola putih tentunya.
Dan si bapak kesel juga dunk.
Udah berapa taun dia beberapa kali beliin dua macem bola itu tanpa
tau kenapa. Tapi si anak nggak ada keinginan dan kemauan ngasih tau sih.
Hingga tibalah masa kuliah. Karna seneng dan bangga masuk PTN, si
anak dikadoin mobil.
Sampe beberapa bulan si anak masih naek motoor aja.
Kuliah, pacaran, naek motor aja. Pacarnya juga
bingung, kan dia punya mobil?
Ditanya sama pacaranya, dijawab, abis papi nggak beliin bola item
bola putih. Nggak ngerti anak sendiri sih! So, pas makan malem bersama,
si pacar bilang sama papi, kenapa si om nggak beliin bola
item bola putih.
Si papi sebenernya sensitif sama para bola itu..huh..sampe
pacar anak gue nyuruh2..ditanya dong kenapa.
Si pacar bilang kalo mobilnya nggak akan dipake selama nggak
dikasih bola itu juga.
Papi bingung dong, di kamar anaknya udah segitu banyak bola item
bola putih.
Buat apa sih, pikir papi. Tapi demi gengsi, anak orang lho yang
nanya, maka besoknya udah ada bola item bola putih buat anaknya.
Suatu hari anaknya gaul ke puncak bawa mobil, sama pacarnya.
Yah, namanya anak muda, pas lagi di jalan, si pacar nyium dia
en dia jadi grogi dan kecelakaan!!!
Segera di bawa ke rumah sakit si papi juga ditelpon sama rumah
sakitnya.
Tabrakannya parah. Mereka berdua nggak ada yang
pake seatbelt, yang cewek mati seketika dan ni cowok udah sekarat.
Si papi dateng ke RS..”gimana dok, anak saya?”
Dokter (dengan tampang empati penuh duka cita) :
“Maaf pak, kami tidak dapat berbuat banyak.. sepertinya memang sudah
waktunya… sebaiknya sekarang bapak manfaatkan waktu terakhir..”
Perlahan si bapak masuk, nyamperin anaknya.
“Pap, maafin saya..nggak hati2 bawa mobilnya..” si anak juga nangis
karna pacarnya nggak tertolong.
Si papi nenangin dia…akrablah dua manusia itu beberapa saat.
Hingga si papi beranggapan ini saat terakhir. Dia inget penasaran
dia tentang kenapa si anak selama ini selalu minta bola item bola
putih. “Nak, maafin papi selama ini yang selalu sibuk..kamu jadi
kesepian..maafin papi, nak.
Nggak sempet jadi orang tua yang baik.”
Anaknya jawab,”nggak apa-apa pi, saya ngerti
kok..Cuma sempet kesel kalo
papi punya uang lebih malah beliin yang
macem2….saya cuma minta bola
item dan bola putih aja kan?”
Si papi rasa timing-nya tepat nih, ” KENAPA SIH KAMU SELALU MINTA
BOLA ITEM BOLA PUTIH…ADA APA DENGAN BOLA2 ITU?”
(pembaca juga penasaran ya..?)
Si anak jawab dengan terpatah2 dan susah banget, abis udah sekarat
dan masanya udah hampir sampe…” sebab pi…saya…”
*hep* Kepalanya rebah dan nafasnya ilang.
Si anak udah meninggal sebelum kasih tau papinya.
Nah, si papi aja yang udah hidup bareng anaknya
nggak tau…
apalagi saya yang cuma bercerita?
GIMANA?
Kesel ngak sih ?
Tabokin aja yang bikin cerita, tapi maapin saya karena
saya juga korban en, nggak enakan jadi korban sendirian.

Leave a comment

Filed under Info lain-lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s