Darsem terancam dipancung

Terancam Mati di Saudi, TKW Darsem Butuh Rp4,6 Miliar

PolitikindonesiaPemerintah harus mengupayakan pembebasan Darsem binti Dawud, tenaga kerja wanita yang terancam hukuman mati di Saudi Arabia. Perlu uang tebusan Rp4,6 miliar untuk membebaskan Darsem dari tiang gantungan.

Anggota Komnas HAM Stanley Adi Prasetyo mengungkapkan hal itu, Rabu (23/02).

Menurut Stanley, memberikan perlindungan bagi Darsem, TKI asal Subang, bagian dari perlindungan atas hak asasi manusia. Karena itu, kata Komisioner Komnas HAM itu, sepantasnya pemerintah mengupayakan dengan segala cara untuk menyediakan uang tebusan itu.

“Kami akan melakukan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri. Kami ingin ini sepenuhnya ditangani pemerintah pusat,” tambah Stanley.

Darsem terancam hukuman mati di Arab Saudi. Ia bisa lolos dari hukuman itu asalkan membayar diyat atau uang pengganti 2 juta real atau Rp4,6 miliar. Menurut Direktur Perlindungan WNI, Kementerian Luar Negeri, Tatang Razak, ahli waris memaafkan Darsem asalkan membayar diyat itu dalam waktu 6 bulan ini.

Menurut Tatang, Darsem ditahan kepolisian Saudi pada 2007 karena membunuh majikannya asal Yaman yang tinggal di Saudi. Darsem membunuh karena membela diri hendak diperkosa majikannya. “Dalam persidangan kami sudah melakukan pendampingan. Putusan pengadilan memvonis Darsum terbukti membunuh dan dijatuhi hukuman mati.”

Menurut Tatang, upaya penyelamatan atas Darsem pun dilakukan. Pihak keluarga majikan itu didekati agar mau memaafkan. Dan hasilnya dicapai kesepakatan mengenai diyat tersebut.  “Januari lalu disetujui.”

Tatang menyebutkan, uang tebusan itu sedang diusahakan dari dermawan. Pihak Kemlu membuka diri kalau ada warga Indonesia yang mau menyumbang untuk Darsem. “Saat ini yang bersangkutan ditahan di Riyadh dan dalam kondisi baik.  Mudah-mudahan kita bisa  membantu Darsem.”

Leave a comment

Filed under Info kemanusiaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s